PROSES KREATIF
SLAMET RAHARDJO DJAROT
SLAMET RAHARDJO DJAROT, lahir di Serang, Banten-Jawa Barat, 21 Januari1949. Menamatkan Sekolah Menengah Atas pada tahun 1967, kemudian melanjutkanstudi pada Akademi Film Nasional (AFN) Universitas Jayabaya. Belum genap satutahun mengalihkan studi ke Akademi Teater Nasional Indonesia (ATNI) danmengambil studi utama bidang Art Directing.
Pada tahun 1965 Film “Macan Kemayoran” yang disutradarai Wim Umboh
Studi Slamet Rahardjo di AFN dan ATNI tidak selesai karena pengajardikedua perguruan tinggi tersebut yang sebagian besar seniman teater dan film,kembali ke habitat kerja mereka. Secara perlahan kegiatan pendidikan menyurutdan akhirnya tutup secara alami.
Menerima kenyataan bahwa studi secara akademis tidak berjalan lancarmaka pada tahun 1968, ketika Teguh Karya, sutradara teater dan film papan atasyang kebetulan juga mengajar di ATNI, mengajak mahasiswanya antara lain FrankyRorimpandey, Slamet Rahardjo, N.Riantiarno dan Boyke Roring untuk membantukegiatan SENI-BUDAYA di Hotel Indonesia, diterima sebagai jalan keluar darikekecewaan belajar secara akademis.
KEGIATAN SENI BUDAYA di Hotel Indonesia merupakan jawaban nyata melaksanakanperintah Presiden Soekarno untuk menjadikan Hotel Indonesia sebagai pintugerbang memasuki Indonesia jangan hanya menjual makanan dan tempat tidur, tapimutlak harus memperkenalkan Karya Seni Budaya Indonesia.
Untuk itulah Teguh Karya sebagai Asisten Manajer Art and CultureDepartmen, berinisiatif membentuk Teater Populer Hotel Indonesia dan Slametserta kawan-kawan diajak bekerja sama dengan para professional seperti MiekeWijaya, Dicky Zulkarnaen, Rahayu Effendy, Tuti Indra Malaon, Ishaq Iskandar,Sylvia Nainggolan, Dewi Sawitri dan Henky Solaiman
Melalui kegiatan Sanggar Kreatif Teater Populer itulah Slamet RahardjoDjarot memulai kegiatan kesehariannya bergumul dengan kegiatan seni pertunjukankhususnya SENI TEATER.
Major Studi Slamet Rahardjo di Akademi Teater Nasional Indonesia adalahArt Directing – Penata Artistik.
Tetapi melalui proses latihan di Sanggar Kerja Kreatif Teater Populer,Teguh Karya, seorang ahli di bidang Akting, Directing dan Art Directing,menengarai bahwa kehadiran Slamet sebagai Aktor lebih menonjol. Pengaruh prosespertumbuhannya di Yogyakarta-Kota yang penuh kegiatan kesenian dimasa
POLA BERPIKIR
KEGIATAN SANGGAR KERJA KREATIF TEATER POPULER
PERTUNJUKAN TEATER merupakan UPACARA BERSAMA, dimana PELAKU TEATER danMASYARAKAT harus secara bersama sama, tahap demi tahap meningkatkan kualitasmereka. Masyarakat yang pandai memerlukan tontonan yang sesuai dengankepandaiannya. Berdasarkan pemahaman ini, Teater Populer melakukan pendekatandengan masyrakat umum untuk membentuk masyarakat penonton. Kemampuan teknispertunjkan dan apresiasi pebonton harus meningkat bersama
Berdasarkan pemahaman itulah TEATER POPULER menyusun urutan pertunjukandari pertunjukan yang memiliki bobot umum yang mudah dicerna oleh penonton umum, dengan harapan jika keduanya telah bisa saling mengapresiasi satu sama lain,bobot pesan dari pertunjukan ditingkatkan secara bertahap. Dari naskah realismeningkan ke naskah surealis dan seterusnya. Pemahaman UPACARA BERSAMA initelah memberi hasil bahwa pelaku dan penonton Teater Populer semakin harisemakin meningkat mutunya karena pada tahap apapun keduanya telah bisa salingmengapresiasi.
Sikap salingmenghargai untuk maju dan berkembang secara bersama inilah alasan Teguh Karya memberi nama TEATERPOPULER yang dimaknai sebagai sesuatu yang populis yang mencerminkan pola kehidupan masyarakat bangsa dan negarayang memiliki warna seni budayanya sendiri.
Tercatat dalam sejarah pertunjukan Teater, TEATER POPULER selalumendapat perharian besar dari masyarakat. Teater Populer menjadi pengisi acarautama pertunjukan di pentas Pusat Kesenian Jakarta - Taman Ismail Marzuki .Teater Populer bersama kelompok teater; Bengkel Teater Rendra, Teater KecilArifin C Noer, dan Teater Mandiri Putu Wijaya di pertengahan tahun enampuluhantampil sebagai pelopor TEATER MODERN INDONESIA.
CURRICULUM VITAE
SLAMET RAHARDJO DJAROT
DATA PRIBADI
N a m a :Slamet RahardjoDJAROT
Tanggal Lahir : 21 Januar
Tempat Lahir : Serang, Banten,Indonesia
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Pendidikan :Akademi Teater Nasional
Status
Nama Isteri : MiraSurianegara
Nama Anak : 1.Laras Rahardjo Djarot
Kehadiran Slamet Rahardjo sebagai Aktor, prestasinya lebih diperhatikanoleh para kritikus seni pertunjukan dan mendapat simpati besar dari masyarakat.
PENGALAMAN PANGGUNG
SEBAGAI AKTOR
196
Kabar di halaman depan “SEORANGAKTOR TELAH LAHIR”
1970
MELINTAS MATAHARI – terjemahanRISSING IN THE SUN
SEGENGGAM HARAPAN – terjemahanHATFULL OF RAIN, Vincente Gazo
PERKAWINAN – Adaptasi
KERETA API YANG LEWAT –terjemahan GHOST TRAIN, ArnoldRidley
JANGAN KIRIMI AKU BUNGA –terjemahan SEND ME NO FLOWERS
PERHIASAN GELAS – adaptasi
INSPEKTUR JENDERAL – adaptasi
JAYAPRANA LAYONSARI – adaptasiJAYAPRANA, Jeff Last
AYAHKU SAYANG AYAHKU MALANG –terjemahan OH DAD POOR DAD,Arthur Kopit
1971 MAKBET – daptasi
PEMBURU PERKASA – adaptasi
LAWAN CATUR – adaptasi
WABAH PUTIH – terjemahan
NONA
KOPRAL WOYZECK – terjemahan
2011 SUARA SUARA MATI –terjemahan DODEN KLANKEN
AMANGKURAT – karya GunawanMohammad
BATARA GURU – karyaN.RIANTIARNO
SENTILAN SENTILUN – ParodiSosial Politik
PENYUTRADARAAN
1972
1973
1974
1975
2004 PAKAIAN danKEPALSUAN, Ahdiat Kartamihardja
2005-TRIBUTE TO TEGUHKARYA, Adie MS / Idris Sardi / Eross Djarot
2006-ANTIGONE, JeanAnouilh
2010-SUARA SUARA MATI
KEGIATAN KESENIAN
SRAWUNG KREATIF,
2005 – SAIJAH ADINDA,Payung Hitam Bandung
2007 - JOLALILO,Slamet Rahardjo
2008 – SERIBU SATUMALAM, Robert Draffin
PENGALAMANKERJA FILM
AKTOR FILM
Memulai karir sebagai Aktor Film pada tahun 1970, dalam film
SUTRADARA FILM
‘REMBULAN MATAHARI”
Filmnya yang fenomenal adalah “LANGITKU-RUMAHKU”
PENGALAMAN AKTING DI FILM
1971-WAJAH SEORANG LAKI LAKI,Teguh Karya
1973 -CINTA PERTAMA, Teguh Karya
1974-RANJANG PENGANTIN, Teguh Karya
1975-KAWIN LARI, Teguh Karya
1976-PERKAWINAN SEMUSIM, Teguh Karya
1978-BADAI PASTI BERLALU, Teguh Karya
1979-NOVEMBER 1828, Teguh Karya
1982-DIBALIK KELAMBU, Teguh Karya
1986-K O D R A T, Slamet Rahardjo
1987-TERANG BULAN DI TENGAH HARI Khaerul Umam
1988-TJOET NYA’ DHIEN, Eros Djarot
2000-PASIR BERBISIK, Nan T Achnas
2004-KUTUNGGU DI SUDUT SEMANGGI, Lukmantoro
2005-BANYU BIRUTeddy Suriatmadja
2006-RUANG, Teddy Suriatmadja
2007-BADAI PASTI BERLALU, Teddy Suriatmadja
CATATAN PRESTASI
Aktor Pendatang BaruTerbaik (Wajah Seorang Laki Laki Festival Film PWI 1971)
Aktor Terbaik(Ranjang Pengantin – FFI 1974)
Aktor Terbaik (DiBalik Kelambu – FFI 1984)
Aktor Terbaik (Ruang,Festival Film RCTI 2007)
PENGALAMAN PENYUTRADARAANFILM
1980-REMBULAN DANMATAHARI
1982-SEPUTIH HATINYA,SEMERAH BIBIRNYA
1983-PONIRAHTERPIDANA
1985-KEMBANG KERTAS
1986-K O D R A T
1987-KASMARAN
1990-LANGITKU RUMAHKU
1992- FATAMORGANA –Indonesia – Jepang
1993-THE LOST CHILDJohn Hopkins University, Baltimore, USA
1994-SURO BULDOG
1997-TELEGRAMME,France & Indonesia
2000-MARSINAH
CATATAN PRESTASI
THE BEST DIRECTOR -KEMBANG KERTAS FFI 1984
THE BEST DIRECTOR –KODRAT FFI 1985
FILM LANGITKU RUMAHKU(MY SKY, MY HOME )
-
DIBALIK KELAMBU – (BEST SCENARIO Fest Film Nonblock 1985)
TELEGRAM
MARSINAH
Profesi
1970 – 2022 Pemain, Sutradara,Penulis Skenario Film
Jabatan:
2021-2024 Ketua Dewan PengawasYayasan Seni Budaya Jakarta
Pengalaman Kerja:
Wakil Ketua Umum KFT (Karyawan Film & Televisi
Ketua Umum KFT (Karyawan Film & Televisi - Purna Bhakti
Ketua Badan Pertimbangan Perfilman Nasional (BP2N)
Ketua Senat Institut Kesenian Jakarta -Purna Bhakti
Ketua Harian Yayasan Seni Budaya Jakarta (YSBJ) - Purna Bhakti
Komunitas Seni
Sanggar Kerja Kreatif Teater Populer – Ketua
Penghargaan:
2004 - Satya LencanaKebudayaan
2008 - Piagam AkademiJakarta
2012 - Life TimeAchievement Festival Film Bandung
2019 - Life TimeAchievement AFFI Kuching, Malaysia
2021 - Life TimeAchievement Kemenaker
2021 - Piagam MaestroPerfilman Indonesia
Alamat Rumah :Jalan Gelatik III, Blok V3/4,
Alamat Kantor : YAYASAN TEATERPOPULER
Mata
No | Mata Kuliah | SKS | Semester | |
Gasal | Genap | |||
1 | Pendidikan Inklusif | 2 | v | |
3 | Teknik Penulisan Karya Ilmiah | 2 | | v |
4 | Pembelajaran Inovatif | 3 | v | |
5 | Seminar | 2 | | v |
6 | Telaah Kurikulum Seni Budaya | 3 | | v |
7 | Pengembangan Perangkat pembelajaran | 3 | | v |
8 | Assesmen pembelajaran Seni Budaya | 3 | v | |
9 | Manajemen pementasan | 3 | | v |
Mata
No | Mata Kuliah | SKS | Semester | |
Gasal | Genap | |||
1 | Perencanaan Pendidikan | 2 | v | - |
2 | Manajemen Pendidikan Seni | 2 | | v |
4 | Manajemen Sumber Daya manusia | 2 | | v |
5 | Psikologi Seni | 2 | v | |
6 | Sejarah Pendidikan seni | | | v |
7 | Manajemen Kepelatihan | | | v |
8 | Manajemen Kewirausahaan | | v | |
| S-1 | S-2 | S-3 |
Nama Perguruan Tinggi | ISI Yogyakarta | Unesa | Universitas Negeri Malang |
Bidang Ilmu | Seni tari | Manajemen Pendidikan | Manajemen Pendidikan |
Tahun Masuk- Lulus | 1979-1985 | 2001-2003 | 2010 – 2012 |
Judul | Aji Saka | Manajemen Pendidikan Sanggar Alang-Alang Anak Jalanan surabaya | Pengembangan Model Pelatihan Pendidikan Seni Budaya bagi Guru SD |
Nama pembimbing | Mardjio SST | Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd | Prof. Dr. Willem Pantja, M.Pd |
b.
No. | Judul | Tahun | Jumlah Dana | Didanai Oleh |
1 | Kebutuhan Minimal Sarana Prasarana Jenjang Pendidikan Menengah di Kabupaten kota Mitra Unesa | 2009 | 100 juta | DP2M |
2 | Kajian Terhadap Kelayakan Instrumen Penilaian dalam Ujian Nasional | 2009 | 90 juta | DP2M |
3 | Evaluasi Web LPPM Unesa | 2011 | 5 Juta | LPPM |
4 | Pengembangan Bahan Ajar Seni Budaya berbasis ke MIPAan untuk SD (kurikulum 2013) | 2015 s/D 2017 | 50.500 | DP2M |
5 | Musik Ul-Daul sebagai ekspresi masyarakat madura | 2015 | 53.500 | DP2M |
6 | Implementasi Penjaminan Mutu di Jurusan Sendratasik FBS Unesa | 2016 | 5 Juta | Swadana Jurusan |
7 | Pengembangan Buku Paket Belajar seni untuk Sekolah | 2018 | 7,5 juta | Swadana |
8 | Membangun ketahanan Budaya melalui Sanggar Seni Di Jawa Timur | 2018 | 50 juta | Swadana Pascasarjana |
9 | Pengembangan Blended Learning pada Mta Kuliah psikologi Seni Pascasarjana Unesa | 2019 | 40 Juta | Swadana Pascasarjana |
10 | Pengembangan bahan ajar mata kuliah Seminar di Sendratasik FBS Unesa | 2019 | 10 | Swadana Fakultas |
11 | Pembentukan Karakter melalui Perkuliahan Koreografi pendidikan di Jurusan Sendratasik FBS Unesa | 2020 | 7,500 Juta | Swadana Fakultas |
12 | Restrukturisasi bahan Ajar Telaah Kurikulum Seni Budaya | 2021 | 10 | Swadana FBS |
12 | ESTETIKA TARI KARYA KOREOGRAFER JAWATIMUR TERDAMPAK COVID-19 | 2020 | 25 | Penugasan Pascasarjana |
13 | PEWARISAN NILAI BUDAYA MELALUI PENDIDIKAN INFORMAL DI SANGGAR SAPU JAGAD DESA WISATA KEMIREN BANYUWANGI | 2020 | 60 | PUI |
14 | TRANSFORMASI CERITA PANJI SEBAGAI SUMBER MATERI MATA KULIAH DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENDRATASIK JURUSAN SENDRATASIK FBS UNESA | 2021 | 30 | Dasar |
15 | PENGEMBANGAN ROADMAP PENELITIAN PRODI S2 PENDIDIKAN SENI BUDAYA PASCASARJANA | 2021 | 25 | Penugasan pasca |
16 | PENGEMBANGAN BENTUK TARI PERSEMBAHAN PADA PERTUNJUKAN TOPÈNG DHÂLÂNG UNTUK MENINGKATKAN INDUSTRI KREATIF BAGI SENIMAN DI KABUPATEN SUMENEP | 2021 | 60 | PUI |
17 | KEPEMIMPINAN HERI LETHO DAN TATA KELOLA PENTAS KIDUNG TENGGER PADA EKSOTIKA BROMO | 2022 | 50 | Dasar Percepatan GB |
c.
No. | Judul | Tahun | Nama Jurnal | |||||
1 | Manajemen Kelas dengan Penyediaan Ekologi sebagai Strategi Pendidikan Seni Budaya Humanis di SD | 2014 | Prosiding Seminar Internasional di UNY | |||||
2 | Pengembangan Bahan Ajar Seni Budaya Tematik Berbasis KeMIPA-an (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di SD (Kurikulum 2013) | 2015 | Prosiding Seminar LPPM Unesa | |||||
3 | Art Training Management Model For Elementery School Teachers | 2015 | Jurnal International IJMER | |||||
4 | Efektifitas buku guru dan buku siswa dalam pembelajaran seni budaya tematik berbasis ke mipaan (matematika dan ilmu pengetahuan alam) di SD | 2016 | Prosiding Seminar LPPM Unesa | |||||
5 | Science-Based Thematic Cultural Art Learning in Primary School (2013 curriculum) | 2016 | Jurnal Harmonia Journal of Arts Research and Education.Universitas Negeri Semarang | |||||
6 | The art learning Modelsof BPK2 9CREATIVE Work Practise learning activities | 2019 | Jurnal Harmonia Journal of Arts Research and Education.Universitas Negeri Semarang | |||||
7 | Modern Art Inculturation Oriented Education in Flores | 2021 | STEADR-STEACH | |||||
8 | Improved Teacher Performance Through Work Culture And Environment | 2019 | International Journal for Educational and Vocational Studies Vol. 1, No. 8, December 2019, pp. 859-863 Available online at http://ojs.unimal.ac.id/index.php/ijevs | |||||
9 | Contents of Culture Arts Curriculum From Time to Time | 2021 |
| |||||
10 | Increasing Activeness and Learning Outcomes at the University by Applying the STAD Method to Learning | 2022 |
|
d. Pengalaman Pengabdian KepadaMasyarakat 5 tahunterakhir
No. | Judul | Tahun | Jumlah Dana | Didanai Oleh |
1 | Pelatihan Karya Ilmiah bagi Guru SMP dan SMA se Kab Bojonegoro | 2014 | - | Mandiri |
2 | Pelatihan Karya Ilmiah bagi Guru TK se kec Menganti Gresik | 2015 | - | Jurusan |
3 | Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi MGMP Guru Seni Budaya se surabaya | 2016 | | Jurusan |
4 | Pelatihan Seni Untuk Guru TK di Sidoarjo | 2018 | | swadana |
5 | Pelatihan Yoga bagi kader PKK RW 08 Rewwin waru Sidoarjo | 2019 | | swadana |
6 | PELATIHAN PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU PENDIDIKAN SENI BUDAYA DI KABUPATEN MAGETAN | 2019 | | Swadana Pascasarjana |
7 | BANTUAN SEMBAKO BAGI KARYAWAN PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK) DAN PEKERJA SENI YANG TERDAMPAK COVID-19 DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA | 2020 | | Swadana FBS |
8 | PELATIHAN YOGA DAN SENAM LANSIA DI UPTD GRIYA WREDA | 2021 | | Swadana FBS |
9 | PELATIHAN IMPLEMENTASI BATIK TEKNIK ECOPRINT BAGI GURU-GURU SENI BUDAYA DI KABUPATEN NGANJUK | 2021 | | Penugasan Pasca |
No. | Nama Pertemuan Ilmiah /Seminar | Judul Artikel Ilmiah | Waktu dan Tempat |
1 | Seminar Nasional “Perempuan di Era globalisasi” | Sinden sebagai alternatif Pilihan profesi bagi Perempuan | 20 April 2013 di Auditorium FBS Unesa |
2 | Seminar dan workshop guru Tk se Jatim oleh DPD GOPTKI Jatim | Pengembangan Kecerdasan anak Usia dini melalui Seni tari | 30 -8- 2013 di Aula Kantor Gubernur Surabaya |
3 | Workshop Program Pengelolaan Pembelajaran Dosen | Manajemen Sekolah Konsep dan Penerapanya | 29 Januari 2014 di FBS Unesa |
4 | Iernational conference for arts and arts education on indonesia (icaae) 2014 | classroom management with the use of ecology as a strategy of humanistic arts and culture education in elementary school grade | 5 Maret 2014 di Gd FBS UNY |
5 | Seminar Nasional Revolusi Mental | Mimpi membangun karakter Siswa melalui pembelajaran Seni Budaya kurikulum 2013 | 20 November 2014di Unesa |
6 | Semnas Forum Asosiasi Prodi pendidikan Sendratasik | Metode pembelajaran sederhana untuk Pengembangan Seni Anak Usia Dini | April 2015 di UNIMED |
7 | Semnas Hasil Penelitian dan pengabdian Pada Masyarakat | Pengembangan Bahan Seni Budaya Tematik Berbasis ke Mipaan di SD (kurikulum 2013) | 31 Oktober 2015 |
8 | Semnas hasil penelitian dan pengabdian Pada Masyarakat | Efektifitas buku guru dan buku siswa dalam pembelajaran seni budaya tematik berbasis ke mipaan (matematika dan ilmu pengetahuan alam) di SD | 27 Nopember 2016 |
9 | Seminar nasional di LPPM Unesa | Pembelajaran Menyenangkan dengan Seni Tematik Berbasis KeMIPA-an di SD | 2017 |
10 | Seminar AP2Seni di Manado | Model Pendidikan Seni melalui Belajar Praktek kerja Kreatif SMA Negeri 6 Surabaya di Yogyakarta | April 2017 |
11 | Seminar Internasional Converence on Education (ICEI) | Measuring the effectiveness of self- developed materials for elementary schools (science-integrated materials for the teaching of art and culture) | 14 Oktober 2017 |
12 | Proseding l Seminar Nasional LPPM | 2017 Pembelajaran Menyenangkan dengan Seni Tematik Berbasis KeMIPA-an di SD | 2017 |
13 | Seminar Internasional SOSHEC | Sistem manajemen pendidikan sanggar seni di jawa timur | 2018 |
14 | Artikel Seminar Nasional di Sendratasik | Pelatihan seni untuk guru taman kanak-kanak KECAMATAN Sidoarjo | 2018 |
15 | Seminar KONASPI di Padang | Manajemen sanggar Seni sebagai pelestarian di era milenial | 2019 |
16 | ICSAAL | Contents of Culture Arts Curriculum From Time to Time | 2021 |
17 | SEADR-STEACH | Modern Art Inculturation Oriented Education in Flores | 2021 |
f. Karya Buku dalam 10 Tahunterakhir
No. | Judul Buku | Tahun | Sumber Dana | Halaman | Penerbit |
1 | Telaah Kurikulum | 2011 | Mandiri | 60 | Upress Unesa |
2 | Manajemen Pertunjukan | 2009 | mandiri | 80 | Upres Unesa |
3 | Pembelajaran Seni Budaya untuk SD (Pedoman bagi Guru/calon Guru SD | 2014 | Dikti | 200 | Zifatama Publising surabaya |
4 | Pembelajaran Seni Budya Tematik | 2017 | Dikti | 117 | Upress |
5 | Ul Dhaul Musik Tradisi Sebagai Dasar Kreativitas | 2017 | Dikti | 159 | Jaudhar Press |
6 | Manajemen Seni Pertunjukan | 2018 | mandiri | 2015 | Bintang Surabaya |
7 | Pembelajaran Inovatif Seni Budaya | 2019 | mandiri | 90 | Bintang Surabaya |
8 | Psikologi Seni | 2019 | Pnelitian | 208 | Bintang Surabaya |
9 | Mengenal Seminar | 2019 | penelitian | 99 | Bintang Surabaya |
10 | Telaah Kurikulum Seni Budaya | 2021 | Penelitian | 100 | Bintang Surabaya |
No. | Judul Penghargaan | Institusi Pemberi Penghargaan | Tahun |
1 | Satyalancana Karyasatya 10 tahun | Presiden RI | 1999 |
2 | Satyalancana Karyasatya 20 tahun | Presiden RI | 2009 |
3 | Satyalancana Karyasatya 30 tahun | Presiden RI | 2018 |
i. Sertifikat Paten/HKI yang telah diperoleh
No. | Judul/Nama paten/HKI Produk | No Paten | Tanggal Perolehan |
1 | HKI jenis ciptaan Buku | 088022 | 11 Juli 2017 |
2 | Hki JENIS PENCIPTAAN BUKU Seni Budaya | 000217557 | 12 Nopember 2020 |
3 | HKI Penciptaan Buku Metode penelitian | 000217557 | 12 Nopember 2020 |
4 | HKI Tari Remo Melinial | 000225558 | 5 Desember 2020 |
Nama | : | PERRY RUMENGAN |
Perguruan Tinggi | : | |
Program Studi | : | |
Jenis Kelamin | : | Laki-Laki |
Jabatan Fungsional | : | Profesor |
Pendidikan Tertinggi | : | S3 |
Status Ikatan Kerja | : | Dosen Tetap |
Status Aktivitas | : | Aktif |
Riwayat Pendidikan
No. | ||||
1 | Institut Seni Indonesia Yogyakarta | Drs | 1991 | S1 |
2 | Institut Seni Indonesia Yogyakarta | M.Sn | 2003 | S2 |
3 | Universitas Gadjah Mada | Dr | 2007 | S3 |
CAPTION
[SEMINARNASIONAL SENI PERTUNJUKAN #5]
SalamSeni dan Budaya! 🙏
Munculnyaberbagai kajian isu tentang pendidikan, seni dan budaya di perguruan tinggi,membawa kita kembali pada acara Seminar Nasional Seni Pertunjukan #5.
Apa sajayang akan dibahas di seminar tahun ini? Siapa yang akan menjadi pematerinya?Manfaat apa saja yang akan diperoleh? Bagaimana cara registrasinya? Yuk! Simakpenjelasan di bawah ini:
📌
📚
1.Implementasi Merdeka Belajar dalam Konteks Pendidikan Seni
2.Pencipta Karya Seni Melalui Merdeka Belajar
3.Kajian Seni Pertunjukan Melalui Merdeka Belajar
4.Manajemen Seni Pertunjukan Melalui Merdeka Belajar
💻
1.Slamet Rahardjo Djarot (Praktisi Teater)
2. Prof.Dr. Perry Rumengan, M.Sn. (Universitas Negeri Manado)
3. Dr.Hj. Warih Handayaningrum, M.Pd. (Universitas Negeri Surabaya)
🗓️Tanggal Penting
- BatasPenerimaan Artikel: 21 Agustus 2022
-Pengumuman Artikel Diterima: 07 September 2022
-Tanggal Pelaksanaan: 21 September 2022
💰
-Peserta : Free
-Pemakalah :
(ArtikelTerpilih)
• JurnalVirtuoso (Rp. 200.000,00,-)
• JurnalLain di Sendratasik (Rp. 150.000,00,-)
-Pembayaran:
(BTN)No. Rek. 00377-01-58-001447 a.n. AgusSuwahyono.
-Kontribusi Pemakalah:
•E-Certificate
• WebProceeding
📌
📌
https://unesa.link/Template-Semnas5-sendratasik
📌
https://unesa.link/daftar-semnas5-sendratasik
📲
- RamaSuluh Mustofa (0822-4461-7926)
- ArinaRimba Puwargati (0895-1661-4661)
#sendratasikunesa
#unesa
#unesa_official
#seminarnasional
#senipertunjukan
#semnassenjuk5
#fbsunesa
#pendidikanseni