PROSES KREATIF
SLAMET RAHARDJO DJAROT
SLAMET RAHARDJO DJAROT, lahir di Serang, Banten-Jawa Barat, 21 Januari
1949. Menamatkan Sekolah Menengah Atas pada tahun 1967, kemudian melanjutkan
studi pada Akademi Film Nasional (AFN) Universitas Jayabaya. Belum genap satu
tahun mengalihkan studi ke Akademi Teater Nasional Indonesia (ATNI) dan
mengambil studi utama bidang Art Directing.
Pada tahun 1965 Film “Macan Kemayoran” yang disutradarai Wim Umboh mendapat apresiasi besar dari masyarakat dan
di tahun 1967 Film Berjudul “Sembilan”, film Indonesia Berwarna Pertama yang juga
disutradarai Wim Umboh menyusul sukses Macan Kemayoran. Film Indonesia terasa
menggeliat kembali setelah vacum sejak tragedy Gestapu 1965. Kesuksesan dua
film tersebut member indikasi Film Indonesia bangkit kembali.
Studi Slamet Rahardjo di AFN dan ATNI tidak selesai karena pengajar dikedua
perguruan tinggi tersebut yang sebagian besar seniman teater dan film, kembali
ke habitat kerja mereka. Secara perlahan kegiatan pendidikan menyurut dan
akhirnya tutup secara alami.
Menerima kenyataan bahwa studi secara akademis tidak berjalan lancar
maka pada tahun 1968, ketika Teguh Karya, sutradara teater dan film papan atas
yang kebetulan juga mengajar di ATNI, mengajak mahasiswanya antara lain Franky Rorimpandey,
Slamet Rahardjo, N.Riantiarno dan Boyke Roring untuk membantu kegiatan
SENI-BUDAYA di Hotel Indonesia, diterima sebagai jalan keluar dari kekecewaan
belajar secara akademis.
KEGIATAN SENI BUDAYA di Hotel Indonesia merupakan jawaban nyata
melaksanakan perintah Presiden Soekarno untuk menjadikan Hotel Indonesia
sebagai pintu gerbang memasuki Indonesia jangan hanya menjual makanan dan
tempat tidur, tapi mutlak harus memperkenalkan Karya Seni Budaya Indonesia.
Untuk itulah Teguh Karya sebagai Asisten Manajer Art and Culture
Departmen, berinisiatif membentuk Teater Populer Hotel Indonesia dan Slamet serta
kawan-kawan diajak bekerja sama dengan para professional seperti Mieke Wijaya,
Dicky Zulkarnaen, Rahayu Effendy, Tuti Indra Malaon, Ishaq Iskandar, Sylvia
Nainggolan, Dewi Sawitri dan Henky Solaiman
untuk bersama-sama menyelenggarakan acara PEKAN BAKTI SENI BUDAYA
INDONESIA HOTEL INDONESIA.
Melalui kegiatan Sanggar Kreatif Teater Populer itulah Slamet Rahardjo
Djarot memulai kegiatan kesehariannya bergumul dengan kegiatan seni pertunjukan
khususnya SENI TEATER.
Major Studi Slamet Rahardjo di Akademi Teater Nasional Indonesia adalah
Art Directing – Penata Artistik.
Tetapi melalui proses latihan di Sanggar Kerja Kreatif Teater Populer,
Teguh Karya, seorang ahli di bidang Akting, Directing dan Art Directing,
menengarai bahwa kehadiran Slamet sebagai Aktor lebih menonjol. Pengaruh proses
pertumbuhannya di Yogyakarta-Kota yang penuh kegiatan kesenian dimasa Akil-Balignya sangat membekas dan menjadi
acuan pola pikirnya dalam menganalisa setiap pesan dibalik adegan di setiap
pertunjukan.
POLA BERPIKIR
KEGIATAN SANGGAR KERJA KREATIF TEATER POPULER
PERTUNJUKAN TEATER merupakan UPACARA BERSAMA, dimana PELAKU TEATER dan
MASYARAKAT harus secara bersama sama, tahap demi tahap meningkatkan kualitas
mereka. Masyarakat yang pandai memerlukan tontonan yang sesuai dengan
kepandaiannya. Berdasarkan pemahaman ini, Teater Populer melakukan pendekatan
dengan masyrakat umum untuk membentuk masyarakat penonton. Kemampuan teknis
pertunjkan dan apresiasi pebonton harus meningkat bersama
Berdasarkan pemahaman itulah TEATER POPULER menyusun urutan pertunjukan
dari pertunjukan yang memiliki bobot umum yang mudah dicerna oleh penonton umum
, dengan harapan jika keduanya telah bisa saling mengapresiasi satu sama lain,
bobot pesan dari pertunjukan ditingkatkan secara bertahap. Dari naskah realis
meningkan ke naskah surealis dan seterusnya. Pemahaman UPACARA BERSAMA ini
telah memberi hasil bahwa pelaku dan penonton Teater Populer semakin hari
semakin meningkat mutunya karena pada tahap apapun keduanya telah bisa saling
mengapresiasi.
Sikap saling
menghargai untuk maju dan berkembang secara bersama inilah alasan Teguh Karya memberi nama TEATER
POPULER yang dimaknai sebagai sesuatu yang
populis yang mencerminkan pola kehidupan masyarakat bangsa dan negara
yang memiliki warna seni budayanya sendiri.
Tercatat dalam sejarah pertunjukan Teater, TEATER POPULER selalu
mendapat perharian besar dari masyarakat. Teater Populer menjadi pengisi acara
utama pertunjukan di pentas Pusat Kesenian Jakarta - Taman Ismail Marzuki . Teater
Populer bersama kelompok teater; Bengkel Teater Rendra, Teater Kecil Arifin C
Noer, dan Teater Mandiri Putu Wijaya di pertengahan tahun enampuluhan tampil
sebagai pelopor TEATER MODERN INDONESIA.
CURRICULUM VITAE
SLAMET RAHARDJO DJAROT
DATA PRIBADI
N a m a : Slamet RahardjoDJAROT
Tanggal Lahir : 21 JanuarI 1949
Tempat Lahir : Serang, Banten
,Indonesia
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Pendidikan :
Akademi Teater Nasional
Indonesia (ATNI)
Status : Menikah
Nama Isteri : Mira
Surianegara
Nama Anak : 1.
Laras Rahardjo Djarot
2.
Kasih Rahardjo Djarot
Kehadiran Slamet Rahardjo sebagai Aktor, prestasinya lebih diperhatikan
oleh para kritikus seni pertunjukan dan mendapat simpati besar dari masyarakat.
PENGALAMAN PANGGUNG
SEBAGAI AKTOR
1968 GHOST - HANTU, Henrik Ibsen – Kritikus Teater menulis
artikel di surat
Kabar di halaman depan “SEORANG AKTOR TELAH LAHIR”
1970 THE DAN SIMPATI – terjemahan TEA AND SYMPHATI
MELINTAS MATAHARI – terjemahan RISSING IN THE SUN
SEGENGGAM HARAPAN – terjemahan HATFULL OF RAIN, Vincente Gazo
PERKAWINAN – Adaptasi MERRIAGE, Nikolai Gogol
KERETA API YANG LEWAT – terjemahan GHOST TRAIN, Arnold Ridley
JANGAN KIRIMI AKU BUNGA – terjemahan SEND ME NO FLOWERS
PERHIASAN GELAS – adaptasi GLASS MANAGERIE, Tennesse Wulliams
INSPEKTUR JENDERAL – adaptasi INSPECTOR GENERAL, Nikolai Gogol
JAYAPRANA LAYONSARI – adaptasi JAYAPRANA, Jeff Last
AYAHKU SAYANG AYAHKU MALANG –
terjemahan OH DAD POOR DAD,
Arthur Kopit
1971 MAKBET – daptasi MACHBET, William Shakespeare
PEMBURU PERKASA – adaptasi KING NIMROD, Wolf Mankowitz
LAWAN CATUR – adaptasi CHASE GAME,
WABAH PUTIH – terjemahan WHITE DEASES
NONA AOI – terjemahan LADY AOI Yukio Mishima
KOPRAL WOYZECK – terjemahan WOYZECK, Georg Buchner
2011 SUARA SUARA MATI –
terjemahan DODEN KLANKEN
AMANGKURAT – karya Gunawan
Mohammad
BATARA GURU – karya
N.RIANTIARNO
SENTILAN SENTILUN – Parodi Sosial Politik
PENYUTRADARAAN
1972 RAMBUT
PALSU
– terjemahan FALS HAIR, Piter
Karvas
IT SHOULD HAPPEN TO A DOG, Wolf Mankowitz
LADY
AOI, Yokio Mishima
1973 DAG
DIG DUG, Putu Widjaya
1974 PEREMPUAN
PILIHAN DEWA, Bertold Brecht
1975 PAKAIAN dan KEPALSUAN (TV Play), Ahdiat
Kartamihardja
2004-PAKAIAN dan KEPALSUAN, Ahdiat Kartamihardja
2005-TRIBUTE TO TEGUH
KARYA, Adie MS / Idris Sardi / Eross Djarot
2006-ANTIGONE, Jean
Anouilh
2010-SUARA SUARA MATI
KEGIATAN KESENIAN
SRAWUNG KREATIF,
2005 – SAIJAH ADINDA,
Payung Hitam Bandung
2007 - JOLALILO,
Slamet Rahardjo
-PARA
PENCURI, Bengkel Muda Surabaya
2008 – SERIBU SATU MALAM, Robert Draffin
PENGALAMAN KERJA FILM
AKTOR FILM
Memulai karir sebagai Aktor Film pada tahun 1970, dalam film WAJAH SEORANG LAKI-LAKI (Ballad Of A Man) karya film perdana Teguh Karya.
SUTRADARA FILM
‘REMBULAN MATAHARI” (The Moon and The Sun) 1980 merupakan film pertama yang disutradarai Slamet. Film ini dicatat oleh para kritisi sebagai film alternatif karena menampilkan bentuk dan gaya penyutradaraan yang berbeda dengan film Indonesia saat itu. Berturut turut, Slamet menyutradarai film dan sebagian besar berthemakan masalah sosial.
Filmnya yang fenomenal adalah “LANGITKU-RUMAHKU” karena tercatat sebagai film yang memiliki
kasus hukum dalam upaya Slamet dan kawan kawan melawan praktek monopoli di
Perfilman Nasional di awal sembilan puluhan. Prestasi film tersebut sangat
mengagumkan karena mendapatkan predikat film
anak-anak terbaik di lima benua.
PENGALAMAN AKTING DI FILM
1971-WAJAH SEORANG LAKI LAKI,Teguh Karya
1973 -CINTA PERTAMA, Teguh Karya
1974-RANJANG PENGANTIN, Teguh Karya
1975-KAWIN LARI, Teguh Karya
1976-PERKAWINAN SEMUSIM, Teguh Karya
1978-BADAI PASTI BERLALU, Teguh Karya
1979-NOVEMBER 1828, Teguh Karya
1982-DIBALIK KELAMBU, Teguh Karya
1986-K O D R A T, Slamet Rahardjo
1987-TERANG BULAN DI TENGAH HARI Khaerul Umam
1988-TJOET NYA’ DHIEN, Eros Djarot
2000-PASIR BERBISIK, Nan T Achnas
2004-KUTUNGGU DI SUDUT SEMANGGI, Lukmantoro
2005-BANYU BIRUTeddy Suriatmadja
2006-RUANG, Teddy Suriatmadja
2007-BADAI PASTI BERLALU, Teddy Suriatmadja
CATATAN PRESTASI
Aktor Pendatang Baru
Terbaik (Wajah Seorang Laki Laki Festival Film PWI 1971)
Aktor Terbaik (Ranjang
Pengantin – FFI 1974)
Aktor Terbaik (Di
Balik Kelambu – FFI 1984)
Aktor Terbaik (Ruang,
Festival Film RCTI 2007)
PENGALAMAN PENYUTRADARAAN FILM
1980-REMBULAN DAN
MATAHARI
1982-SEPUTIH HATINYA,
SEMERAH BIBIRNYA
1983-PONIRAH
TERPIDANA
1985-KEMBANG KERTAS
1986-K O D R A T
1987-KASMARAN
1990-LANGITKU RUMAHKU
1992- FATAMORGANA – Indonesia
– Jepang
1993-THE LOST CHILD
John Hopkins University, Baltimore, USA
VIDEO CORRESPONDENT Produced by NHK,
Japan
1994-SURO BULDOG
1997-TELEGRAMME,
France & Indonesia
2000-MARSINAH
CATATAN PRESTASI
THE BEST DIRECTOR -
KEMBANG KERTAS FFI 1984
THE BEST DIRECTOR – KODRAT FFI 1985
FILM LANGITKU RUMAHKU
(MY SKY, MY HOME )
- JAQUES DEMY AWARD For Diretor Fest 3 Continent Nantes, France 1990
-
BEST
CHILDREN FILM - Melbourne Film Festival 1991
-
UNICEF
AWARD – Berlin International Film Festival 1991
-
BRONZ
AWARD –Cairo Int Film Festival 1991
-
SPECIAL
JURY AWARD – Chicago International Film Festival 1991
DIBALIK KELAMBU – (BEST SCENARIO Fest Film Nonblock 1985)
TELEGRAM - (BEST ACTRESSE) Festival Film Asia Pacific 2000
MARSINAH - (BEST DIRECTOR –Bali International Film Festival 2003
Profesi
1970 – 2022 Pemain, Sutradara, Penulis Skenario Film
Jabatan:
2021-2024 Ketua Dewan Pengawas Yayasan Seni Budaya Jakarta
Pengalaman Kerja:
Wakil Ketua Umum KFT (Karyawan Film & Televisi - Purna Bhakti
Ketua Umum KFT (Karyawan Film & Televisi - Purna Bhakti
Ketua Badan Pertimbangan Perfilman Nasional (BP2N) - Purna Bhakti
Ketua Senat Institut Kesenian Jakarta -
Purna Bhakti
Ketua Harian Yayasan Seni Budaya Jakarta (YSBJ) - Purna Bhakti
Komunitas Seni
Sanggar Kerja Kreatif Teater Populer – Ketua
Penghargaan:
2004 - Satya Lencana
Kebudayaan
2008 - Piagam Akademi
Jakarta
2012 - Life Time
Achievement Festival Film Bandung
2019 - Life Time
Achievement AFFI Kuching, Malaysia
2021 - Life Time
Achievement Kemenaker
2021 - Piagam Maestro Perfilman Indonesia
Alamat Rumah :
Jalan Gelatik III, Blok V3/4,
Bintaro
Jaya-Sektor 2 Jakarta 12330, INDONESIA
Phone & Fax: 62.21.736 2682 E Mail: slamet49@yahoo.com
Alamat Kantor : YAYASAN TEATER
POPULER
Sanggar
Kerja
Kreatif Jalan Kebon Pala I/295, Tanah
Abang Jakarta 10230,
INDONESIA Phone: (062).21. 314 3041 Fax : (062)
21. 310 1030
E
Mail: slamet49@yahoo.com
RIWAYAT
HIDUP
Nama : Dr. Warih Handayaningrum, M.Pd.
Tempat
Tgl/Lahir : Tuban, 26 September 1960
NIP 19600926
198601 2 001
Pangkat/Golongan : Pembina
Muda / IVc
Jabatan Akademik : Lektor Kepala
Masa Kerja : 36 Tahun
Univ./Fak./Jur. : Unesa /
FBS / Sendratasik
Alamat Kantor : Jurusan Sendratasik FBS
Unesa, Telp. (031) 7522876
Alamat Rumah : Jalan
Merpati III/J 34 Rewwin, Waru, Sidoarjo, Telp. (031) 8535901
Mata Kuliah Yang Diampu :
Mata Kuliah
dalam Program Studi ini di Perguruan Tinggi
pada Tahun Terakhir:
No |
Mata Kuliah |
SKS |
Semester |
|
Gasal |
Genap |
|||
1 |
Pendidikan Inklusif |
2 |
v |
|
3 |
Teknik Penulisan Karya
Ilmiah |
2 |
|
v |
4 |
Pembelajaran Inovatif |
3 |
v |
|
5 |
Seminar |
2 |
|
v |
6 |
Telaah Kurikulum Seni
Budaya |
3 |
|
v |
7 |
Pengembangan Perangkat pembelajaran |
3 |
|
v |
8 |
Assesmen pembelajaran Seni
Budaya |
3 |
v |
|
9 |
Manajemen pementasan |
3 |
|
v |
Mata Kuliah
di Pascasarjana pada Tahun Terakhir
:
No |
Mata Kuliah |
SKS |
Semester |
|
Gasal |
Genap |
|||
1 |
Perencanaan Pendidikan |
2 |
v |
- |
2 |
Manajemen Pendidikan Seni |
2 |
|
v |
4 |
Manajemen Sumber Daya
manusia |
2 |
|
v |
5 |
Psikologi Seni |
2 |
v |
|
6 |
Sejarah Pendidikan seni |
|
|
v |
7 |
Manajemen Kepelatihan |
|
|
v |
8 |
Manajemen Kewirausahaan |
|
v |
|
a.
Pendidikan
|
S-1 |
S-2 |
S-3 |
Nama Perguruan
Tinggi |
ISI Yogyakarta |
Unesa |
Universitas Negeri
Malang |
Bidang Ilmu |
Seni tari |
Manajemen Pendidikan |
Manajemen Pendidikan |
Tahun Masuk- Lulus |
1979-1985 |
2001-2003 |
2010 – 2012 |
Judul |
Aji Saka |
Manajemen Pendidikan Sanggar
Alang-Alang Anak Jalanan
surabaya |
Pengembangan Model Pelatihan
Pendidikan Seni Budaya bagi Guru SD |
Nama pembimbing |
Mardjio SST |
Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd |
Prof. Dr. Willem
Pantja, M.Pd |
b. Pengalaman Penelitian 10 tahun terakhir :
No. |
Judul |
Tahun |
Jumlah Dana |
Didanai Oleh |
1 |
Kebutuhan Minimal Sarana Prasarana Jenjang Pendidikan Menengah di Kabupaten kota Mitra Unesa |
2009 |
100 juta |
DP2M |
2 |
Kajian Terhadap Kelayakan Instrumen
Penilaian dalam Ujian Nasional |
2009 |
90 juta |
DP2M |
3 |
Evaluasi Web LPPM
Unesa |
2011 |
5 Juta |
LPPM |
4 |
Pengembangan Bahan Ajar Seni Budaya berbasis ke MIPAan
untuk SD (kurikulum 2013) |
2015 s/D 2017 |
50.500 |
DP2M |
5 |
Musik Ul-Daul sebagai ekspresi masyarakat madura |
2015 |
53.500 |
DP2M |
6 |
Implementasi Penjaminan Mutu di Jurusan Sendratasik FBS Unesa |
2016 |
5 Juta |
Swadana Jurusan |
7 |
Pengembangan Buku Paket Belajar seni untuk Sekolah |
2018 |
7,5 juta |
Swadana |
8 |
Membangun ketahanan Budaya melalui Sanggar Seni Di Jawa Timur |
2018 |
50 juta |
Swadana Pascasarjana |
9 |
Pengembangan Blended Learning pada Mta Kuliah psikologi Seni Pascasarjana
Unesa |
2019 |
40 Juta |
Swadana Pascasarjana |
10 |
Pengembangan bahan ajar mata kuliah Seminar di Sendratasik FBS Unesa |
2019 |
10 |
Swadana Fakultas |
11 |
Pembentukan Karakter melalui Perkuliahan Koreografi pendidikan di
Jurusan Sendratasik FBS Unesa |
2020 |
7,500 Juta |
Swadana Fakultas |
12 |
Restrukturisasi bahan Ajar Telaah Kurikulum Seni Budaya |
2021 |
10 |
Swadana FBS |
12 |
ESTETIKA TARI KARYA
KOREOGRAFER JAWATIMUR TERDAMPAK COVID-19 |
2020 |
25 |
Penugasan Pascasarjana |
13 |
PEWARISAN NILAI BUDAYA MELALUI PENDIDIKAN INFORMAL DI SANGGAR SAPU JAGAD DESA WISATA KEMIREN BANYUWANGI |
2020 |
60 |
PUI |
14 |
TRANSFORMASI
CERITA PANJI SEBAGAI SUMBER MATERI MATA KULIAH DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENDRATASIK JURUSAN SENDRATASIK FBS UNESA |
2021 |
30 |
Dasar |
15 |
PENGEMBANGAN ROADMAP
PENELITIAN PRODI S2 PENDIDIKAN SENI BUDAYA PASCASARJANA |
2021 |
25 |
Penugasan pasca |
16 |
PENGEMBANGAN
BENTUK TARI PERSEMBAHAN PADA PERTUNJUKAN TOPÈNG DHÂLÂNG UNTUK MENINGKATKAN
INDUSTRI KREATIF BAGI SENIMAN DI KABUPATEN SUMENEP |
2021 |
60 |
PUI |
17 |
KEPEMIMPINAN HERI LETHO DAN TATA KELOLA PENTAS
KIDUNG TENGGER PADA EKSOTIKA BROMO |
2022 |
50 |
Dasar Percepatan GB |
c. Publikasi Artikel Ilmiah
5 tahun terakhir :
No. |
Judul |
Tahun |
Nama Jurnal |
|||||
1 |
Manajemen Kelas dengan Penyediaan Ekologi sebagai Strategi Pendidikan
Seni Budaya Humanis di SD |
2014 |
Prosiding Seminar Internasional di UNY |
|||||
2 |
Pengembangan Bahan Ajar Seni Budaya Tematik Berbasis KeMIPA-an (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di SD (Kurikulum 2013) |
2015 |
Prosiding Seminar LPPM Unesa |
|||||
3 |
Art Training Management Model For Elementery School Teachers |
2015 |
Jurnal International IJMER |
|||||
4 |
Efektifitas buku guru dan buku siswa dalam pembelajaran seni budaya tematik
berbasis ke mipaan
(matematika dan ilmu
pengetahuan alam) di SD |
2016 |
Prosiding Seminar LPPM Unesa |
|||||
5 |
Science-Based Thematic Cultural Art Learning
in Primary School (2013
curriculum) |
2016 |
Jurnal Harmonia Journal of Arts
Research and Education.Universitas
Negeri Semarang |
|||||
6 |
The art learning Modelsof BPK2 9CREATIVE
Work Practise learning activities |
2019 |
Jurnal Harmonia Journal of Arts Research and Education.Universitas Negeri Semarang |
|||||
7 |
Modern Art Inculturation Oriented Education in Flores |
2021 |
STEADR-STEACH |
|||||
8 |
Improved Teacher Performance Through Work
Culture And Environment |
2019 |
International Journal for Educational and
Vocational Studies Vol. 1, No. 8, December 2019, pp. 859-863 Available
online at http://ojs.unimal.ac.id/index.php/ijevs |
|||||
9 |
Contents of Culture Arts Curriculum From Time to Time |
2021 |
|
|||||
10 |
Increasing Activeness and Learning Outcomes at the University by Applying the STAD Method to Learning |
2022 |
|
d. Pengalaman Pengabdian Kepada
Masyarakat 5 tahun
terakhir
No. |
Judul |
Tahun |
Jumlah Dana |
Didanai Oleh |
1 |
Pelatihan Karya Ilmiah bagi Guru SMP dan SMA se Kab Bojonegoro |
2014 |
- |
Mandiri |
2 |
Pelatihan Karya Ilmiah bagi Guru TK se kec Menganti Gresik |
2015 |
- |
Jurusan |
3 |
Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi MGMP Guru Seni Budaya
se surabaya |
2016 |
|
Jurusan |
4 |
Pelatihan Seni Untuk
Guru TK di Sidoarjo |
2018 |
|
swadana |
5 |
Pelatihan Yoga bagi kader PKK
RW 08 Rewwin waru Sidoarjo |
2019 |
|
swadana |
6 |
PELATIHAN
PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KEPROFESIAN
BERKELANJUTAN BAGI GURU PENDIDIKAN SENI BUDAYA DI KABUPATEN MAGETAN |
2019 |
|
Swadana Pascasarjana |
7 |
BANTUAN SEMBAKO BAGI KARYAWAN PEMUTUSAN HUBUNGAN
KERJA (PHK) DAN PEKERJA SENI YANG TERDAMPAK COVID-19 DI LINGKUNGAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA |
2020 |
|
Swadana FBS |
8 |
PELATIHAN YOGA DAN SENAM LANSIA DI UPTD
GRIYA WREDA |
2021 |
|
Swadana FBS |
9 |
PELATIHAN IMPLEMENTASI BATIK TEKNIK ECOPRINT
|
2021 |
|
Penugasan Pasca |
e.
Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No. |
Nama Pertemuan Ilmiah /Seminar |
Judul Artikel Ilmiah |
Waktu dan Tempat |
1 |
Seminar Nasional “Perempuan di Era globalisasi” |
Sinden sebagai alternatif Pilihan profesi bagi Perempuan |
20 April 2013 di Auditorium FBS Unesa |
2 |
Seminar dan workshop guru Tk se Jatim
oleh DPD GOPTKI Jatim |
Pengembangan Kecerdasan anak Usia dini melalui Seni tari |
30 -8- 2013
di Aula Kantor Gubernur Surabaya |
3 |
Workshop Program
Pengelolaan Pembelajaran Dosen |
Manajemen Sekolah Konsep dan Penerapanya |
29 Januari 2014 di FBS Unesa |
4 |
Iernational conference for arts and
arts education on indonesia (icaae)
2014
|
classroom
management with the use of
ecology as a strategy of humanistic
arts and culture education in
elementary school grade |
5 Maret 2014
di Gd FBS UNY |
5 |
Seminar Nasional Revolusi Mental |
Mimpi membangun karakter Siswa melalui pembelajaran Seni Budaya kurikulum 2013 |
20 November 2014di Unesa |
6 |
Semnas Forum Asosiasi Prodi
pendidikan Sendratasik |
Metode pembelajaran sederhana untuk Pengembangan Seni Anak Usia Dini |
April 2015 di UNIMED |
7 |
Semnas Hasil Penelitian dan pengabdian Pada
Masyarakat |
Pengembangan Bahan Seni Budaya Tematik Berbasis ke Mipaan di SD (kurikulum 2013) |
31 Oktober 2015 |
8 |
Semnas hasil penelitian dan pengabdian Pada
Masyarakat |
Efektifitas buku guru dan buku siswa dalam pembelajaran seni budaya
tematik berbasis ke mipaan (matematika dan ilmu pengetahuan alam) di SD |
27 Nopember 2016 |
9 |
Seminar nasional di LPPM Unesa |
Pembelajaran Menyenangkan dengan Seni Tematik Berbasis
KeMIPA-an di SD |
2017 |
10 |
Seminar AP2Seni di
Manado |
Model Pendidikan Seni melalui Belajar
Praktek kerja Kreatif SMA Negeri 6 Surabaya di Yogyakarta |
April 2017 |
11 |
Seminar Internasional Converence on Education (ICEI) |
Measuring the effectiveness of self- developed materials for elementary schools (science-integrated materials for the teaching of art and culture) |
14 Oktober 2017 |
12 |
Proseding l Seminar
Nasional LPPM |
2017 Pembelajaran Menyenangkan dengan Seni Tematik Berbasis KeMIPA-an di SD |
2017 |
13 |
Seminar Internasional SOSHEC |
Sistem manajemen pendidikan sanggar seni di jawa timur |
2018 |
14 |
Artikel Seminar
Nasional di Sendratasik |
Pelatihan seni untuk guru taman kanak-kanak KECAMATAN Sidoarjo |
2018 |
15 |
Seminar KONASPI
di Padang |
Manajemen sanggar Seni sebagai pelestarian di era milenial |
2019 |
16 |
ICSAAL |
Contents of
Culture Arts Curriculum
|
2021 |
17 |
SEADR-STEACH |
Modern Art Inculturation Oriented Education in Flores |
2021 |
f.
Karya Buku dalam 10 Tahun
terakhir
No. |
Judul Buku |
Tahun |
Sumber Dana |
Halaman |
Penerbit |
1 |
Telaah Kurikulum |
2011 |
Mandiri |
60 |
Upress Unesa |
2 |
Manajemen Pertunjukan |
2009 |
mandiri |
80 |
Upres Unesa |
3 |
Pembelajaran Seni Budaya untuk
SD (Pedoman bagi Guru/calon Guru
SD |
2014 |
Dikti |
200 |
Zifatama
Publising surabaya |
4 |
Pembelajaran Seni Budya Tematik |
2017 |
Dikti |
117 |
Upress |
5 |
Ul Dhaul Musik Tradisi
Sebagai Dasar Kreativitas |
2017 |
Dikti |
159 |
Jaudhar Press |
6 |
Manajemen Seni Pertunjukan |
2018 |
mandiri |
2015 |
Bintang Surabaya |
7 |
Pembelajaran Inovatif Seni Budaya |
2019 |
mandiri |
90 |
Bintang Surabaya |
8 |
Psikologi Seni |
2019 |
Pnelitian |
208 |
Bintang Surabaya |
9 |
Mengenal Seminar |
2019 |
penelitian |
99 |
Bintang Surabaya |
10 |
Telaah Kurikulum Seni Budaya
|
2021 |
Penelitian |
100 |
Bintang Surabaya |
g.
Penghargaan
dalam 10 Tahun
Terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau Institusi
No. |
Judul Penghargaan |
Institusi Pemberi Penghargaan |
Tahun |
1 |
Satyalancana Karyasatya 10 tahun |
Presiden RI |
1999 |
2 |
Satyalancana Karyasatya 20 tahun |
Presiden RI |
2009 |
3 |
Satyalancana Karyasatya 30 tahun |
Presiden RI |
2018 |
i. Sertifikat Paten/HKI yang telah diperoleh
No. |
Judul/Nama paten/HKI Produk |
No Paten |
Tanggal Perolehan |
1 |
HKI jenis ciptaan Buku |
088022 |
11 Juli 2017 |
2 |
Hki JENIS PENCIPTAAN BUKU Seni Budaya |
000217557 |
12 Nopember 2020 |
3 |
HKI Penciptaan Buku Metode
penelitian |
000217557 |
12 Nopember 2020 |
4 |
HKI Tari Remo
Melinial |
000225558 |
5 Desember 2020 |
Nama |
: |
PERRY RUMENGAN |
Perguruan Tinggi |
: |
|
Program Studi |
: |
|
Jenis Kelamin |
: |
Laki-Laki |
Jabatan Fungsional |
: |
Profesor |
Pendidikan Tertinggi |
: |
S3 |
Status Ikatan Kerja |
: |
Dosen Tetap |
Status Aktivitas |
: |
Aktif |
Riwayat Pendidikan
No. |
||||
1 |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
Drs |
1991 |
S1 |
2 |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
M.Sn |
2003 |
S2 |
3 |
Universitas Gadjah Mada |
Dr |
2007 |
S3 |